Categories

Our Blog

Panduan Proses Pemutakhiran Data Mandiri ASN

Proses Pemutakhiran Data Mandiri ASN

Proses Pemutakhiran Data Mandiri ASN – Berdasarkan amanat Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia, bahwa untuk mendukung percepatan penerapan SPBE Nasional dibutuhkan implementasi layanan SPBE Nasional satu pintu.

Adapun layanan tersebut diterapkan dalam rangka mendukung program percepatan data ASN salah satunya melalui proses pemutakhiran data mandiri ASN yang akan diselenggarakan pada tahun 2021, untuk itu bersama ini kami sampaikan kebutuhan implementasi sebagai berikut :

Penerapan authentifikasi satu pintu melalui Single Sign On (SSO) dan Digital Signature (DS) memerlukan proses aktivasi dengan menggunakan email dan nomor telepon ASN sebagai kunci akses.

Proses aktivasi akun MySAPK akan dilakukan dengan menggunakan email resmi yang terdaftar di SAPK dan telah di validasi oleh Instansi. Masing-masing PNS harus memiliki 1 (satu) akun email untuk aktivasi SSO, DS dan My SAPK.

Adapun Langkah awal untuk melakukan Pendataan Ulang Aparatur Sipil Negara (PUASN) tersebut yaitu dengan cara rekon data alamat email dengan nonor hp masing-masing ASN.

Bagi ASN di lingkungan kanreg III BKN Bandung (Jawabarat dan Banten) bisa langsung mengakses aplikasi Sistem Informasi Pendataan ASN pada Laman: http://kanreg3.id/puasn

Selain itu perlu diperhatikan juga bahwa proses rekon data alamat e-mail dan nomor HP ASN ini paling lambat tanggal 31 Maret 2021 yang dilansir pada laman https://bkpsdm.lebakkab.go.id/.

 

Berikut adalah Tutorial / Panduan Proses Pemutakhiran Data Mandiri ASN

Untuk mempermudah bapak ibu dalam proses pemutahiran data mandiri ASN, mimin di sini akan memberikan panduan secara detail untuk mempermudah bapak ibu.

 

1. Akses Laman kanreg3.id/puasn

Jika bapak ibu sudah masuk pada laman tersebut maka bapak ibu akan menemukan seperti pilih instansi, dan kolom NIP, lebih jelasnya bisa di lihat pada gambar di bawah:

Panduan Proses Pemutakhiran Data Mandiri ASN

 

Selanjutnya pilih Instansi, Masukan NIP, dan jangan lupa Klik CEK NIP. Apabila membutuhkan Panduan Cara Membuat Email Gmail di bawah ini:

Baca Juga: Cara Membuat Email Gmail

 

2. Melengkapi Formulir Data PNS

Selanjutnya bapak ibu di suruh melangkapi data PNS dan jangan lupa pastikan untuk menyediakan email aktif pribadi untuk mendapatkan konfirmasi, tampilannya kurang lebih seperti gambar di bawah:

Panduan Proses Pemutakhiran Data Mandiri ASN

3. Simpan Data

Tahap terakhir dalam proses pemutakhiran data mandiri ASN adalah menyimpan Data, setelah bapak ibu selesai mengisi formulir, seperti instansi, NIP, alamat email, no ponsel dan kode pengamanan.

Apabila sudah dirasa benar data yang sudah dimasukan, maka jangan lupa klik SIMPAN DATA, kemudian akan ada pemberitahuan Selamat email Anda telah berhasil disimpan. Terima Kasih.

Panduan Proses Pemutakhiran Data Mandiri ASN

4. Menunggu User Pendataan Ulang PNS

Tahap terakhir menunggu user pendataan yang akan di kirim ke email atau nomor ponsel bapak ibu yang sudah di masukan ketika pengisian formulir di sebelumnya.

Itulah panduang Proses Pemutakhiran Data Mandiri ASN yang bisa Mimin bagikan, semoga mudah difahami dan bisa dikerjakan secara mandiri. Terima Kasih.

Post A Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Newsletters

Silahkan Masukan Email Anda untuk Mendapatkan Informasi Terbaru

Web SMPN 6 Gunungkencana Berupaya untuk Menghadapi Revolusi Pendidikan 4.0, Maka Kami Meluncurkan Website Sekolah ini, Sebagai Media Informasi.

Licenses

2020 @ Copyright. All Right Reserved.